imam_aja
SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA YANG SEDERHANA SEMOGA BERMANFAAT

Kamis, 08 November 2012

Sistem Informasi Manajemen Database SMA Negeri 1 Carenang, Berbasis Web



“Sistem Informasi Manajemen Database”
“ SMA Negeri 1 Carenang”
“ Berbasis Web”



DISUSUN OLEH :

Nama             : MAMPI
Jurusan        : SISTEM INFORMASI
Nim                 : 10201045015


              
 PIKSI INPUT SERANG
               TAHUN AJARAN 20011/2012


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat AllahSWT, karena atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah serta InayahNya, Makalah dengan Judul : “Sistem Informasi Manajemen Database SMA Negeri 1 Carenang, Berbasis Web”  ini dapat diselesaikan oleh penulis. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu persyarataan dalam mendapatkan nilai matakuliah Sistem Manajemen  pada Program Pasca Sarjana Magister komputer Sekolah Tinggi ITB Piksi Input Serang-Banten.
Makalah ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya
kepada :
1.      Allah SWT yang selalu memberikan kesehatan dan kesempatan untuk menyelesaikan tugas ini.
2.      Bpk. Muhamad Taufik Harsana sebagai Dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen, yang telah memberi tambahan waktu sehingga saya sempat menyelesaikan tugas ini.
3.      Om google yang selalu menyediakan berbagai contoh-contoh Makalah.
4.      harsiti09.files.wordpress.com yang memberikan inspirasi metode penulisan Makalah ini.
5.      koleksi.pustakaskripsi.com yang membantu inspirasi isi Makalah.

Semoga Allah SWT berkenan memberikan balasan yang sesuai dengan budi baik yang telah mereka berikan. Penulis berharap semoga Makalah ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan,terutama di bidang Teknologi Informasi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Serang, 07 November 2012

Penulis,

Mampi
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………..
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………..
BAB I. PENDAHULUAN …………………………………………………………
1.1. Latar Belakang ……………………………………………….
1.2. Rumusan Masalah dan Pembatasannya…………………………………………
1.3. Tujuan dan Manfaat ………………………………………..
BAB II. HASIL DAN PEMBAHASAN ……………………………………….
A. Gambaran Umum SMA Negeri 1 Carenang ........................
B. Database (Database) ............................................................
1. Pengertian Database ......................................................
2. Kegunaan Database ......................................................
3. Elemen-Elemen Database............................................
4. Perancangan Database.................................................
C.Pengenalan Java
1. Java API Java API terdiri dari tiga bagian utama......................
2. Java Virtual Machine.........................................................................
3. Sistem Operasi Java Sistem operasi ....................................................
 
BAB III. KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………………
A. Kesimpulan ……………………………………………………….
B. Saran ……………………………………………………………….









BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Bahwa pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan masyarakat dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan laju pertumbuhan penduduk dan tingkat kebutuhan hidup masyarakat yang beraneka ragam, sehingga diperlukan peningkatan mutu dan mekanisme pelayanan di bidang pendidikan masyarakat agar lebih berdaya guna, dan
berhasil guna, maka akan berakibat meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Karena mengelola banyak pegawai dan siswa jika mengecek satu persatu akan membutuhkan banyak waktu, maka dari itu akan di buat database SMA Negeri 1 Carenang dan melihat proses kerja program database tersebut. Database tersebut dibuat dengan tujuan agar data-data di SMA Negeri 1 Carenang tersimpan dengan aman dan rapi dalam suatu program serta di buat dalam bentuk CD yang siap pakai.
Salah satu fungsi lembaga pendidikan adalah mendidik para siswa sedangkan dalam pengelolaannya masih menggunakan sistem pemrosesan manual (berbasis kertas) merupakan bentuk pemrosesan yang menggunakan dasar berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak-rak berkas. Jika suatu berkas diperlukan, berkas tersebut harus dicari pada rak-rak tersebut. Kalau kita cermati bersama, komputer merupakan suatu solusi terbaik dalam
pengelolaan data pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Carenang. Seiring dengan kemajuan teknologi, komputer merupakan produk teknologi yang mampu memecahkan masalah bukan hanya dalam segi perhitungan tetepi juga dalam kemampuan menyimpan dan memberikan
informasi. Walaupun demikian dalam masyarakat modern komputer lebih banyak dimanfaatkan sebagai pusat data di banding dengan penggunaan lainnya. Karena peran database yang sangat menonjol pemrosesan Database menjadi perangkat andalan yang kehadirannya sangat diperlukan, dan tidak hanya mempercepat pemerolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap Siswa.
Perkembangan teknologi database tidak lepas dari perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak. Salah satu perangkat lunak perkembangan aplikasi yang populer adalah Java Dimana bahasa pemrograman yang mutakhir Java didesain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam Microsoft Windows/Linux dan merupakan software yang bisa digunakan untuk membuat program yang cukup sederhana tetapi banyak cakupan yang dapat dikerjakan.
Di samping itu Java lebih mudah penggunaannya dibanding dengan bahasa pemrograman yang lain, juga dalam tampilan Java  memiliki keunggulan tersendiri. Pengunaan bahasa pemrograman Java Script dalam penanganan database merupakan kemajuan teknologi dalam perkembangan Database. Dalam menangani data yang besar pemrogaman Java Script sangat efektif dibandingkan dengan sistem pemrosesan manual yang dilakukan. Dengan menggunakan Java penulis tertarik untuk membuat program database SMA Negeri 1 Carenang.

B. Rumusan Masalah dan Pembatasannya
1. Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan dipecahkan dalam kegiatan ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
(a).  Bagaimana cara membuat dan mengolah program database pegawai dan siswa SMA Negeri 1 Carenang?
(b).  Bagaimana proses kerja program sehingga dapat menghasilkan program database di SMA Negeri 1 Carenang?
2.  Pembatasan Masalah
Pada kegiatan ini hanya dibuat sistem database untuk pengelolaan data-data yang ada di SMA Negeri 1 Carenang serta untuk mempermudah dalam pencarian data pegawai dan siswa. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Java.
C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan
Tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut:
(a) Untuk membuat database SMA Negeri 1 Carenang.
(b) Ingin mengetahui kelebihan sistem dengan menggunakan Java
2. Manfaat-Manfaat dari penulisan ini adalah sebagai berikut:
(a) Untuk membantu para pegawai SMA Negeri 1 Carenang dalam pencarian data pegawai dan siswa dengan menggunakan database.
(b) Dapat menggunakan keunggulan dari Java  dalam penanganan database SMA Negeri 1 Carenang.
(c) Memudahkan dalam pencarian data.




BAB II
KAJIAN TEORI

A.       Gambaran Umum SMA Negeri 1 Carenang
Sekolah adalah lembaga yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sekolah telah dibentuk sesuai dengan tingkat dan perkembangan murid. Tingkatan – tingkatan sekolah itu adalah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi.

B.      Database ( Database )
1. Pengertian Database
Database adalah sekumpulan data yang terdiri dari satu atau le bihtabel yang saling berhubungan. Database merupakan salah satu komponenyang penting di dalam informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi pemakainya. Penerapan database dalam suatu system informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuat tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam.

2. Kegunaan Database
Database digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang sering muncul dalam pengolahan data yaitu:
(a) Redundansi dan inkonsistensi data
Redundansi merupakan penyimpanan data yang sama pada beberapa tempat file yang berbeda yang akan mengakibatkan pemborosan ruang penyimpanan (memori) sedangkan inkonsistensi data akan terjadi bila suatu saat ada data yang diubah.
(b) Kesulitan dalam mengakses data
Kesulitan untuk mengakses data tertentu muncul jika belum tersedia program yang digunakan untuk mengakses. Kesulitan ini akan teratasi dengan adanya DBMS yang mampu mengambil data secara lansung dengan mengunakan bahasa yang sederhana.
(c) Isolasi data Jika data yang tersimpan dalam beberapa file memiliki format yang berbeda, maka akan menyulitkan dalam menulis program untuk mengakses data. Untuk mengatasi masalah tersebut maka data yang diletakkan dalam satu database harus memiliki format yang sama sehingga program aplikasinya mudah dibuat.
(d) Multiple user
Dalam rangka meningkatkan daya guna sistem, mempercepat waktu akses dan penghematan memori, beberapa sistem mengijinkan banyak pemakai untuk mengakses data secara bersamaan.
(e) Masalah integritas (kesatuan) data
Database berisi data-data yang saling terkait. Masalahnya adalah bagaimana caranya menhubungkan file-file tersebut. Di dalam database field-field tersebut dihubungkan menggunakan field kunci merupakan field yang nilainya unik mewakili record dan setiap orang atau objek mewakili satu field kunci saja.
(f) Masalah database independence (kebebasan data)
Di dalam database perubahan apapun yang terjadi pada struktur file tidak menyebabkan program harus dirubah pada saat itu. Ini berarti bahwa perintah-perintah dalam program bebas terhadap database.
(g) Masalah keamanan
Keamanan data ini dapat diatur lewat program aplikasinya yaitu
dengan memberikan password atau melalui sistem operasinya.

3.  Elemen-Elemen Database
Sistem database mempunyai beberapa elemen penyusun sistem. Elemen-elemen pokok penyususn sistem tersebut sebagai berikut:
(a) Data
Adalah sekumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan,dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, atau simbol-simbol.
(b) Tabel
Adalah media untuk menyimpan data yang telah diolah danmempunyai suatu tema tertentu.
(c) Field
Adalah tempet dimana data atau informasi dalam ke lompok sekenis dimasukkan.
(d) Record
Adalah data lengkap dalam jumlah tunggal yang terdimpan dalam bentuk baris horizontal pada sebuah table. Dalam saru table dapat diinputkan beberapa record sekaligus.
(e) Software
Adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
(f) Hardware
Adalah peralatan pada sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat disentuh.
(g) Brainware
Adalah manusia yang terlibat di dalam pengoperasian serta mengatur sistem komputer.

4.  Perancangan Database
Perancangan Database ada 3 tahapan, yaitu:
(a) Perancangan Database secara konseptual, merupakan upaya untuk membuat model yang masih bersifat konsep,
(b) Perancangan Database secara logis, merupakan tahapan untuk memetakan model konseptual ke model Database yang akan dipakai,
(c) Perancangan Database secaara fisis, merupakan tahapan untuk menuangkan perancangan Database yang bersifat logis menjadi Database fisis yang tersimpan pada media penyimpan eksternal.



C.                              Pengealan Java
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional.
Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
· Programming-language specification
· Application-programming interface
· Virtual-machine specification

1.       Java API Java API terdiri dari tiga bagian utama:
· Java Standard Edition (SE), sebuah standar API untuk merancang aplikasi desktop dan applets dengan bahasa dasar yang mendukung grafis, M/K, keamanan, konektivitas basis data dan jaringan.
· Java Enterprose Edition (EE), sebuah inisiatif API untuk merancang aplikasi server dengan mendukung untuk basis data.
· Java Macro Edition (ME), sebuah API untuk merancang aplikasi yang jalan pada alat kecil seperti telepon genggam, komputer genggam dan pager.

2.      Java Virtual Machine
Java Virtual Machine (JVM) adalah sebuah spesifikasi untuk sebuah komputer abstrak. JVM terdiri dari sebuah kelas pemanggil dan sebuah interpreter Java yang mengeksekusi kode arsitektur netral. Kelas pemanggil memanggil file .class dari kedua program Java dan Java API untuk dieksekusi oleh interpreter Java. Interpreter Java mungkin sebuah perangkat lunak interpreter yang menterjemahkan satu kode byte pada satu waktu, atau mungkin sebuah just-intime (JIT) kompiler yang menurunkan bytecode arsitektur netral kedalam bahasa mesin untuk host computer.

3.      Sistem Operasi Java Sistem operasi
biasanya ditulis dalam sebuah kombinasi dari kode bahssa C dan assembly, terutama disebabkan oleh kelebihan performa dari bahasa tersebut dan memudahkan komunikasi dengan perangkat keras. Satu kesulitan dalam merancang sistem basis bahasa adalah dalam hal proteksi memori, yaitu memproteksi sistem opeasi dari pemakai program yang sengaja memproteksi pemakai program lainnya. Sistem operasi tradisional mengaharapkan pada tampilan perangkat keras untuk menyediakan proteksi memori. Sistem basis bahasa mengandalkan pada tampilan keamanan dari bahasa. Sebagai hasilnya, sistem basis bahasa menginginkan pada alat perangkat keras kecil, yang mungkin kekurangan tampilan perangkat keras yang menyediakan proteksi memori. 



BABII
PENUTUP

Kesimpulan
program ini di perlukan untuk mempermudah pencarian data siswa,data guru, data bayaran, data nilai, data kelas, dan lain sebagainya...

SARAN

Saran yang di usulkan adalah sebagai berikut:
Untuk membuat Program Sistem Informasi Manajemen SMA Negeri 1
Carenang, Program tersebut dapat dibuat dengan mamanfaatkan software
java dan memadukan database yang dibuat
dengan menggunakan program PgadminIII
program tersebut dapat membantu dalam pengolahan Sistem Informasi Manajemen
Database SMA Negeri 1 Carenag supaya lebih cepat, mudah, menarik,
rapi dan efisien.



















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar